Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

5 FAKTA MENARIK TENTANG LEMPER

DISKRIPSI

Lemper merupakan salah satu kue tradisional yang paling populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari beras ketan dan diisi dengan daging cincang atau cincang.
Hidangan yang dibungkus dengan daun pisang ini sering dipilih sebagai hidangan untuk berbagai acara pesta maupun santai, bahkan pada acara-acara sakral, dan sering dijumpai sebagai hidangan utama.
Ternyata ada fakta menarik yang melatarbelakanginya, sehingga hingga saat ini Lemper tetap menjadi primadona dalam berbagai konteks.

SEJARAH KUE LEMPER

Siapa dan dari mana lemper itu berasal tidak jelas asal usulnya. Terbukti makanan ini sangat kental di kalangan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Dulu, saat harga daging masih sangat mahal, lemperr justru dibuat dari parutan kelapa muda berbumbu. Namun seiring berjalannya waktu, makanan tersebut diisi dengan berbagai daging giling seperti ayam, sapi, dan ikan.

FILOSOFI

Kalo dilem (versi Jawa) Ojo memper
Apakah Anda pernah tahu apa artinya Lemper? mungkin ada yang baru tau? Meski kalimatnya pendek, namun maknanya begitu dalam. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih: ketika disanjung
ojo memper = jangan sombong
Maka tujuan dari nasehat ini adalah untuk mengingatkan kita agar tetap rendah hati walaupun mendapat sanjungan

SELALU HADIR DALAM UPACARA SAKRAL

Salah satu yang paling populer adalah upacara Pungkasan rebo yang digelar di Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Menariknya, dalam upacara tersebut ada karnaval Lemper raksasa berukuran panjang 2,5 meter dan diameter 0,5 meter. Selain itu, juga ada karnaval lemper berukuran normal yang juga berlangsung.
Pembuatan Lemper² trsbt adalah tradisi mengingat kebaikan tokoh yang berjasa menyelamatkan masyarakat yang terkena dampak side blog, lalu mereka berdoa bersama-sama, kemudian dikirabi dengan prosesi lainnya semakin memeriahkan acara.
Dan tak tanggung-tanggung, prosesi arak²an lemper yang dirayakan itu dibagikan kepada mereka yang mengikutinya atau yang hadir

VARIAN BENTUK DAN RASA

Sekarang ini lemper tak hanya bisa dinikmati dalam vari an original saja. Namun, banyak sekali varian yang kekinian yang gak kalah enak. Seperti halnya lemper bakar, lemper goreng campur tepung, dan lemper ketanhitam. Semuanya enak, cocok dijadikan hidangan santai sambil nge teh

Nah itu dia 5 fakta menarik dari lemper, yang wajib kita tahu, Selain lezat, ternyata juga mempunyain arti tersendiri bagi masyarakat.



Posting Komentar untuk "5 FAKTA MENARIK TENTANG LEMPER"