Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

CARABIKANG JAJANAN LEGENDARIS SURABAYA

CARA BIKANG JAJANN LHAS SURABAYA

Kue ini merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Kue ini
dapat ditemukan di pasar tradisional seperti pasar. Kue Bikan ini bentuknya sederhana dan berwarna seperti bunga mekar, rasanya manis dan teksturnya lembut berserat. Metode kue bikang adalah kue lembab yang dibuat dengan cara dipanggang di loyang khusus kue bikang. Kue ini bisa disebut kue jadul karena pembuatannya masih bisa dilakukan dengan alat jadul seperti wajan,alat pencungkil kue yang bisa digunakan untuk membuat hasilnya terlihat seperti bunga. saat ini sudah ada alat tersendiri, untuk menghasilkan bentuk² yg indah dan menarik.

Bagi pecinta jajanan tradisional, niscaya telah tidak asing lagi dengan jajanan satu ini. Carabikang atau yang dikenal dengan nama kue bikang merupakan salah satu kue spesial orang Surabaya.
Kue yg berbentuk bundar & mekar seperti bunga ini terbuat dari adonan tepung beras, santan kelapa & juga gula. Kue bikang biasanya dimasak pada cetakan & saat sudah berbuih, kue bikang langsung dicungkil dari cetakan sehingga mekar & berbentuk seperti bunga.

Masyarakat Surabaya umumnya menyantap kue bikang ketika pagi atau sore hari. Kue ini nikmat juga jika disantap sambil ditemani secangkir teh
apabila menyantap kue bikang, usahakan pilihlah kue bikang yang masih hangat. Karena jika menyantapnya dalam keadaan hangay akan terasa lebih nikmat dan lezat, serta terasa moiz dibdalam kue tersebut
Kue bikang ini sangat mudah dijumpai di pasar tradisional, khusunya di jajanan pasar yang ada diSurabaya, kue bikang pula kerap disuguhkan pada program-program tertentu.









TIPS DAN TRIK ANTI GAGAL MEMBUAT CARABIKANG

Dahulu kala nenek moyang kita sangat pandai dalam membuat kue. Kue mereka memiliki tekstur yang lembut dan cantik di permukaannya. Namun, membuat kue yang tampak sempurna seperti itu tidaklah mudah jika tidak mengetahui tips dan triknya. Berikut adalah langkah-langkah atau Trik yang harus diikuti agar carabikang yang dihasilkan menjadi sempurna.

1. BAHAN BAHAN:

Bahan utama dalam pembuatan carabikang adalah tepung beras, namun sebaiknya campurkan juga dengan tepung terigu agar hasilnya tidak keras.

2. BIANG

Untuk menghasilkan carabikang yang enak, adonan harus dibuat biang terlebih dahulu. Masukkan biang yang masih panas ke dalam campuran tepung dan aduk dengan sendok kayu.

3. PEMAKAIAN SANTAN

Untuk santannya, gunakan santan dengan kekentalan sedang. Jangan menggunakan santan yang terlalu kental agar kue bisa merekah sempurna dan tidak terlalu berminyak.

4. GULA

Untuk gula, disarankan menggunakan gula pasir yang butirannya halus dan bukan gula tepung agar kue tidak keras. Dalam proses pengadukan, tuangkan santan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

5. PENGADUKAN

Proses pengadukan harus stabil dan tidak boleh berhenti-berhenti selama 20 menit agar udara yang sudah masuk tidak keluar kembali.

6. PEMANGGANGAN

untuk pemanggangan, panaskan cetakan sambil mengisi kelapa di dalamnya. Aduk-aduk kelapa sesekali sampai berubah menjadi cokelat. Setelah itu, buang kelapa dan cetakan siap digunakan. Cetakan diarankan tidak diolesi dengan minyak maupun margarin saat memanggang. Letakkan pemanggang kue jauh dari api dan gunakan api sedang, bahkan cenderung kecil saja, tetapi pastikan cetakan sudah panas betul saat adonan dimasukkan. Untuk mencungkil kue, gunakan dua buah bambu. Satu bambu diselipkan ke bagian bawah.

Itulah trik atau langkah agar Hasil Carabikang sempurna atau anti gagal
Selamat mencoba

Posting Komentar untuk "CARABIKANG JAJANAN LEGENDARIS SURABAYA"